Resep Aina - Resep Tante Aina -->

Resep Aina

Banyak orang yang tidak tahu teknik  menjaga kesehatan telinga dengan benar. Padahal, andai  tidak kesehatan dan kesucian  telinga tidak dipertahankan  dengan baik, bisa  terjadi gangguan pada pendengaran dan keseimbangan.

Merawat kesucian  dan kesehatan telinga penting dilaksanakan  untuk mencegah sekian banyak   masalah pada telinga, laksana  infeksi telinga, telinga berdenging, sampai  gangguan pendengaran, atau bahkan tuli mendadak.

Tak melulu  mengganggu pendengaran, masalah pada telinga juga dapat  mengganggu ekuilibrium  tubuh yang hadir  berupa vertigo. Oleh sebab  itu, kita  perlu mengawal  kesehatan telinga dengan baik supaya  organ pendengaran dan kesimbangan ini tetap bermanfaat  dengan baik.

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Telinga
Berikut ini ialah  beberapa tahapan  yang bisa  Anda kerjakan  untuk mengawal  kesehatan telinga:

1. Hentikan kelaziman  mengorek telinga
Di liang telinga, adanya kotoran telinga dalam jumlah tidak banyak  sebetulnya ialah  hal yang normal. Kotoran telinga ini disusun  sebagai salah satu teknik  untuk mengayomi  liang telinga dari kotoran dan debu.

Namun, kadang dapat  terjadi penumpukan kotoran telinga yang menciptakan  telinga terasa gatal atau tersumbat. Oleh sebab  itu, tidak sedikit  orang memakai  cotton bud, penjepit kertas, atau bahkan jepit rambut untuk mencuci  kotoran telinga. Hati-hati, kelaziman  ini justru dapat  melukai telinga dan menciptakan  kotoran telinga masuk lebih dalam.

Sebenarnya, telinga punya teknik  alami untuk mencuci  kotorannya sendiri. Tapi andai  kotoran telinga menumpuk dan menciptakan  telinga kita  terasa tidak nyaman atau pendengaran kita  jadi terganggu, usahakan  kunjungi dokter THT untuk mengerjakan  pemeriksaan dan pembersihan telinga dengan teknik  yang aman.

2. Jauhkan telinga dari suara yang terlampau  keras
Jika kita  gemar memperhatikan  musik memakai  earphone, ada sejumlah  hal yang butuh  Anda simaklah  Jangan memakai  earphone atau headphone sekitar  1 jam secara terus menerus. Beri masa-masa  pada telinga guna  beristirahat selama  5 menit sebelum memperhatikan  musik kembali.

Di samping  itu, jaga volume suaranya. Hindari memperhatikan  musik yang keras dalam jangka masa-masa  lama, karena dapat  merusak telinga.

Jika kita  bekerja di lingkungan yang bising, laksana  di pabrik atau konstruksi bangunan, maka Anda disarankan  untuk memakai  earplug atau sumbat telinga supaya  terhindar dari gangguan pendengaran.

3. Hindari pemakaian  ear candle
Salah satu metode pilihan  yang lumayan  populer di masyarakat untuk mencuci  telinga ialah  terapi ear candle.

Namun faktanya, tidak sedikit  dokter yang tidak menganjurkan  pemakai an ear candle, sebab  metode ini tidak terbukti efektif untuk mencuci  telinga dan tidak jelas apa manfaatnya guna  kesehatan telinga.

Bukannya bermanfaat, pemakaian  ear candle pun  cenderung riskan  karena dapat  menyebabkan cedera pada telinga, laksana  terbakar dan tersumbatnya drainase  telinga.

4. Menjaga telinga supaya  tetap kering
Kondisi telinga yang tidak jarang  basah atau terlampau  lembap memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga. Hal ini akan merangsang  iritasi dan infeksi pada telinga.



Bila Anda kegemaran  berenang, usahakan  pakai  penyumbat telinga untuk menangkal  air masuk ke dalam telinga. Jika kita  merasa terdapat  air yang masuk ke dalam telinga ketika  mandi sampai  membuat pendengaran menjadi tidak jelas, segera miringkan kepala untuk menyalurkan  air keluar.

Di samping  itu, tidak boleh  lupa untuk tidak jarang  kali  mengeringkan telinga dengan handuk yang bersih dan kering setiap berlalu  berenang atau mandi.

5. Melakukan pengecekan  telinga secara rutin
Pemeriksaan telinga ke dokter THT secara rutin pun  penting dilaksanakan  untuk mengawal  kesehatan telinga dan mendeteksi bila   ada gangguan pada telinga. Pada pengecekan  ini, dokter bakal  mengevaluasi situasi  kesehatan telinga dan faedah  pendengaran kita  dengan mengerjakan  pemeriksaan jasmani  pada telinga serta tes pendengaran.

Melalui pengecekan  secara teratur  ke dokter, tanda atau fenomena  penyakit telinga bisa  terdeteksi semenjak  dini dan perbuatan  penanganan dapat  segera dilakukan.

Jika kita  menyayangi pendengaran Anda, jagalah senantiasa kesehatan telinga dengan baik melewati  cara-cara di atas. Jika tidak ada  keluhan pada telinga atau pendengaran, Anda bisa  memeriksakan kesehatan telinga ke dokter THT masing-masing  3-5 tahun.

Namun andai  ada  keluhan pada telinga, laksana  nyeri telinga, terbit  cairan atau darah dari telinga, atau pendengaran seketika  terganggu, tidak boleh  tunda guna  segera memeriksakan diri ke dokter THT supaya  dapat segera diserahkan  pengobatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Aina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel